SATPOLAIR POLRES JEPARA BANTU EVAKUASI KORBAN KAPAL TENGGELAM

Kemarin (Minggu, 28/07/2019) crew dari KLM. Bahtera Bahari dengan tujuan dari Pelabuhan Tanjung Mas Semarang menuju Pontianak diketahui mengalami kerusakan dan hanyut diperairan Karimunjawa berhasil dipulangkan ke Semarang dengan menggunakan Kapal KM. Lawit.

Berawal pada Kamis (25/07/2019) KLM. Bahtera Bahari berangkat dari Pelabuhan Tanjung Mas Semarang dengan tujuan Pontianak, dan setelah melaksanakan perjalanan selama 14 jam atau tepatnya pada Jumat (26/07/2019) sekitar pukul 12.00 wib kapal mengalami kerusakan pada gearbox, dan saat perbaikan ternyata air laut masuk dan langsung merendam ruang mesin kapal.

Melihat masuknya air laut ke dalam ruang mesin, kemudian dilakukan penyedotan dengan 6 alkon/pompa namun air yang masuk semakin banyak dan meluas.

Pukul 13.00 Wib KLM. Bahtera Bahari mulai kandas dan terdampar di Takak, Menyawakan, Karimunjawa dan pada pukul 21.00 wib crew KLM. Bahtera Bahari berhasil di evakuasi dengan menggunakan Kapal Kura Kura Resort dan Kapal Warga Ds. Parang yang selanjutnya dibawa ke Karimunjawa.

“Alhamdulillah kemarin (Minggu, 28/07/2019), Satpolair Polres Jepara Polda Jateng bersama dengan Ditpolairud Polda Jateng, TNI, Perhubungan Kab. Jepara, BPBD Kec. Karimunjawa, Syahbandar Karimunjawa serta masyarakat berhasil mengevakuasi crew dari KLM. Bahtera Bahari dan saat ini telah dipulangkan ke Semarang dengan KM. Lawit dalam keadaan selamat.  Dimana sebelumnya KLM. Bahtera Bahari di posisi 05°46’206S/ 110°19’434 E Perairan Karimunjawa tepatnya di Perairan Takak Menyawakan turut Perairan Karimunjawa Kab. Jepara mengalami kerusakan dan saat ini terdampar di Takak, Menyawakan, Karimunjawa” jelas Iptu Lukman, S.H.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*